Emotions

Mudah marah karena terpicu hal sepele, seperti menemukan satu atau dua semut di meja kerja?

I think you need to take an anger management class.  Emosi yang meluap akibat hal yg Kecil, bisa jadi merupakan puncak dr akumulasi stres atau kekesalan, tapi bisa juga terjadi karena Anda kurang bisa mengontrol emosi Anda.

Bagi saya, pengendalian emosi yang baik menjadi indikator kedewasaan seseorang. Mengapa demikian?  Ketika marah, seseorang akan mengeluarkan pernyataan atau tindakan secara tak sadar dan melalui proses pikir yg singkat. Tindakan dan pernyataan tersebut dapat memperkeruh suasana dan, mungkin, melukai org lain. Akan lebih baik jika sejenak menenangkan diri, menjauh dr pemicu emosi kemudian berpikir ulang tentang peristiwa tersebut. Lakukan analisis diri dan situasi, kemudian tetapkan tindakan atau pernyataan yg harus dilakukan. Tidak jarang, penyebab kemarahan bermula dari diri sendiri.

Hal ini juga berguna dlm banyak situasi, seperti dunia kerja dan pengasuhan anak. Bayangkan Anda berada di satu pertemuan penting, klien Anda adalah orang yang pandai mengeluh dan menyombongkan diri. Apa yang akan Anda lakukan?  Tdk mungkin kan jika Anda memarahi klien tsb. Apalagi ketika mengasuh anak, bayangkan apa yg terjadi dgn kondisi psikologis anak jika dia sering menerima luapan kemarahan Anda?

Bagi kaum Muslim, puasa adalah cara yg baik utk melatih pengendalian diri.

-night night-

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s