Keterikatan, ketergantungan

Sudah cukup lama ga nulis di sini, selalu kehabisan energi tiap hari.. Heuheuheu..

Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang menceritakan ttg ketergantungannya pada kopi. Setiap hari ia harus selalu meminum kopi, teman saya ini berjenis kelamin perempuan. Hidupnya terasa kurang jika tdk meminum kopi.

Kemudian, dia bertanya apakah saya tdk pernah meminum kopi dan apakah dari dulu hanya minum air putih saja. Lalu, mulailah saya bercerita…

Dulu, semasa kuliah, saya adalah peminum kopi. Tiada hari yg terlewatkan tanpa meminum kopi. Rasa-rasanya persis dgn kondisi teman saya saat ini. Namun, saya yg memang tdk menyukai keterikatan atau ketergantungan thdp sesuatu, mulai berpikir bahwa seharusnya tanpa kopi pun saya bisa menjalani hari-hari saya dgn baik. Selain itu, kopi (dan teh) mengandung senyawa (kafein dan tanin) yang menghambat absorpsi zat besi, padahal kan mayoritas perempuan Indonesia mengalami defisiensi zat besi.

Beranjak dari pemikiran tersebut, saya memantapkan niat utk memutus keterikatan saya terhadap kopi. Caranya?  Pertama, saya menurunkan kekentalan kopi secara bertahap. Setelah itu, saya mengganti kebiasaan meminum kopi dengan teh yang kelat (kental). Kemudian secara bertahap, saya pun menurunkan kadar kekentalan teh. Akhirnya saya hanya meminum air putih. Perlu waktu sekitar setahun sepertinya.

Saat ini, sebagian besar cairan yg masuk ke tubuh saya memang air putih, tetapi bkn berarti saya benar tdk meminum minuman lain. Beberapa tahun sekali, saya meminum secangkir kopi (biasanya kopi yg campuran). Kadang, saya juga meminum teh.  Sirup atau minuman serbuk juga sesekali msh saya konsumsi. 

Perlu diingat bahwa “kesempurnaan tdk harus dicapai setiap hari, yg penting adl kita dpt yakin thdp diri sendiri bhw kita dapat menuju  pencapaian kesempurnaan melalui proses yang telah dilalui.”

Hari tanpa kopi?  Bisaaa koookkk..

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

