Menyederhanakan pilihan

Siapa pun tahu bahwa hidup berisi pilihan.  Setiap pilihan memiliki konsekuensi. Setiap konsekuensi harus dipertanggungjawabkan.

Berbicara tentang pilihan, banyaknya kata dan kalimat yang mengelilingi pilihan akan semakin membingungkan bagi pemilih.

Kemarin siang, salah satu teman kantor saya menanyakan pendapat saya terkait operasi yang akan ia jalani.  Pilihan pertama, operasi dilakukan sebelum melakukan wisata ke Menado: Gimana ya, B, kalo dilakukan 2 minggu sebelum wisata, gw udah pulih kan ya?  Luka operasinya masih terasa sakit nggak ya? Tapi gw nanti gak bisa makan pedas pas di Menado. Kan makanannya enak tuh pedes gitu.
Pilihan kedua: operasi dilakukan setelah wisata ke Menado: Kan enak tuh, gw udah puas jalan-jalan dan makanan juga ga ada yang dipantang. Abis itu baru operasi deh.

Pernyataan yang saya keluarkan setelah ditanya seperti itu adalah: untuk pilihan pertama, lebih baik operasi dilakukan sesegera mungkin, setelah operasi sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi protein agar penyembuhan luka dan penngantian jaringan dapat berlangsung secara cepat.  Sepertinya sudah bisa wisata, setelah operasi, tapi memang ada sedikit batasan terkait makanan dan pergerakan tubuh, terutama area operasi. Pilihan kedua: kalo diundur terus operasinya, mungkin nanti malah gak dapet jadwal atau ada waktu jadi diundurnya akan lebih lama dari jadwal yang seharusnya.  Gangguan yang dialami tidak segera teratasi.

Teman kantor saya masih ragu dan mengungkapkan berbagai pernyataan.  Akhirnya, saya menutupnya dengan pernyataan “Kenapa gak dibikin sederhana saja,   terlalu pusing kalo banyak kalimat yang menyertai pilihan tersebut. Pokok utamanya kan memilih antara Kesehatan dan Kesenangan.  Pikirkan saja dua kata tersebut dan tanggalkan kalimat penyerta dari kedua kata tersebut.”

Mengapa senang sekali berpikir ribet, padahal dengan penyederhanaan, pemilihan prioritas akan lebih jelas.

Sederhanakan menjadi gagasan utama saja, lalu buatlah pilihan.

image

B

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s