Text neck

Text neck” adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tentang cedera dan nyeri akibat posisi kepala menunduk ketika menggunakan gawai nirkabel dalam waktu yang lama. Saat ini, “text neck” banyak diderita oleh anak dan remaja.

Gejala terkait “text neck”, antara lain adalah sakit kepala kronis, nyeri punggung bagian atas, nyeri bahu, nyeri leher, dan bertambahnya kurvatur (kelengkungan) tulang punggung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa “text neck” dapat mengakibatkan awitan dini artritis (artritis atau radang sendi yang biasanya diderita oleh lansia, dapat terjadi di usia muda) dan berpotensi menurunkan kapasitas paru.

Tetapi, “text neck” tidak hanya disebabkan oleh penggunaan gawai nirkabel, aktivitas lain yang biasa dilakukan dengan posisi menunduk dapat juga menyebabkan “text neck” (mis., membaca buku).

Gangguan ini penting untuk diperhatikan pada anak yang masih muda dan berkembang karena terdapat kemungkinan menyebabkan kerusakan permanen pada tulang belakang seiring dengan pertumbuhan tubuhnya.

Mulailah perhatikan posisi tubuh untuk menghindari gangguan ini, pastikan bahwa Anda (dan anak Anda) tidak menunduk secara ekstrem dan lama. Jika takut lupa, tenang saja karena kini telah ada aplikasi text neck untuk smartphone 🙂

Selain dengan mempertahankan postur tubuh yang baik, ada beberapa pose yoga yang dapat meredakan atau mencegah text neck, dapat dilihat pada tautan berikut http://www.doyouyoga.com/how-yoga-can-help-with-text-neck-problems-59396/

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s