Vaginal douching (cairan pembersih vagina)

Penggunaan cairan pembersih vagina dengan cara menyemprot dapat memajankan vagina terhadap zat berbahaya yang terbentuk selama penggunaan cairan pembersih vagina, seperti dietil ftalat (diethyl phthalate, DEP).

Ami Zota, salah seorang peneliti di Milken School of Public Health at George Washington University, mengatakan bahwa ftalat adalah bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan wanita karena diduga menggangu endokrin dan dapat mengubah kerja beberapa hormon yang penting (seperti hormon estrogen, testoteron, dan tiroid).

Secara luas, dokter telah melarang penggunaan cairan pembersih vagina karena hanya memberi sedikit manfaat dan dapat meningkatkan risiko vaginosis bakterial, penyakit radang panggul, komplikasi kehamilan, dan kemungkinan kanker servikal,demikian menurut Amy Zota.

“Cairan pembersih vagina sebenarnya tidak diperlukan secara medis,” ucap Amy Zota, “Vagina yang sehat memiliki sistem pembersihan diri yang efektif.”

Yang perlu juga diperhatikan adalah teknik dalam membersihkan vagina, yang benar adalah dengan cebok dari arah depan (vagina) diusap ke arah belakang (anus) yang dilakukan searah (tidak bolak balik, berlawanan arah).

Kelembapan pakaian dalam juga perlu dijaga, upayakan untuk mengelap dulu bagian vagina hingga anus setelah cebok sehingga pakaian dalam tidak basah. Kondisi vagina yang lembap dapat menjadi tempat bersarangnya jamur dan bakteri. Upayakan untuk mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari atau jika sudah terasa lembap.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah sebagian upaya untuk bersyukur kepada Tuhan dan menjaga pemberianNya.

Salam sehat,
B

Bentuk sediaan vaginal douche yg dimaksud:

image

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s