The Scars

Hari ini adalah kali kedua saya melihat parut yang saya duga merupakan bekas luka sayatan dalam upaya mengakhiri hidup. Luka pertama terletak di pergelangan tangan, tepat di vena di bawah telapak tangan. Luka kedua terletak di leher, tepat di garis vena jugular.

Pada luka pertama, mata saya tak henti menatap luka dan mengamati si empunya luka. Menarik, karena saya melihat tanda-tanda kecemasan pada dirinya. Di awal perjumpaan, saya mengamati kuku-kuku jarinya yang terlihat sering digigiti atau dicungkili karena permukaan kukunya tidak rata, cenderung berantakan. Selain kuku, kulit di pinggir kuku juga tak luput dari sasaran, terlihat beberapa pinggirnya dipenuhi oleh kulit yang melenting ke atas, tanda seringnya dikelupas. Tidak berapa lama, perempuan itu mulai melakukan kebiasaannya, menggigiti kuku dan kulit sekitar kukunya. Dia tampak cemas dengan pandangan yang menerawang dan gerakan berulang yang menyakiti dirinya. Mungkin dia menemukan nyaman di sana. Saya sempat menangkap “rasa” yang berkecamuk di pikir perempuan itu. Cukup berat dan terasa menyesakkan rongga paru.

Luka kedua saya temukan pada seorang perempuan juga. Jaringan parut yang akhirnya menandai lehernya, tepat melintas vena jugular, membuat saya menduga dia pernah melakukan upaya bunuh diri. Namun, berbeda dengan yang pertama, saya justru tidak merasakan kuatnya dugaan tersebut. Entah mengapa, saya malah menduganya pernah mengalami tindak kriminal (entah dijambret kalungnya atau diancam menggunakan pisau) yang membuatnya memiliki jaringan parut tersebut.

Dan, lagi, pikiran saya menjurus pada “Mengapa luka tersebut saya lihat pada perempuan? Apa yang telah mereka lalui? Apakah sebegitu beratnya hidup yang mereka jalani?” Tergoda untuk menuliskan kisah mereka yang saya buat, tetapi tampaknya air mata saya akan mengalir deras di tengah proses penulisannya. Mungkin nanti.

Be strong, ladies. Don’t let anything defeats you.

With love,
B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s